Para Tentara Ngajar di PAUD Perbatasan Indonesia

KEFAMENANU - Selaian menjaga garis batas negara, rupanya anggota TNI tega melihat anak-anak usia dini di Desa Nino, Kecamatan Bikomi Nilulat, Timor Tengah Utara, NTT, hidup tanpa pendidikan yang memadai. Para tentara itu melihah anak-anak bermain tanpa arah, lantaran tak ada wadah untuk menyalurkan bakat.

Komandan Kompi 1 Satgas Pamtas Kapten Arm Hendriyana mengisahkan, kondisi anak anak di perbatasan yang belum mengeyam pendidikan dengan layak menginspirasi pihaknya mendirikan wadah untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan nama PAUD Guntur Geni Ceria.

Alhasil, hingga saat ini, sudah mencapai 20 anak didik yang ikut bergabung di PAUD itu. Kebanyakan anak-anak usia dini yang bergabung adalah dari masyarakat sekitar Desa Nino dan Inbate.

"Anggota kita dari Pos TNI Nino ada yang nyambi ngajar di PAUD Guntur Geni Ceria setiap Kamis. Sedangkan hari lainnya biasa diajari oleh Guru PAUD dari Inbate," ujar Hendriyana.

Ia menambahkan, Guntur Geni sendiri merupakan lambang satuan Batalyon Artileri Medan (Armed) 11/Kostrad Guntur Geni yang artinya Senjata Kilat Pamungkas.

Kata Hendriyana, nama itu disandingkan dengan PAUD yang ada di batas Indonesia dengan Timor Leste itu, sebab sejak awal PAUD itu dirintis oleh anggotanya dengan tujuan mencerdaskan anak-anak di perbatasan.

"Bangunan PAUD sendiri kita gunakan bekas gedung Pos TNI yang direnovasi termasuk dengan membantu menyediakan permainan bagi anak-anak yang dipasang di halaman PAUD itu," ucapnya.

sumber : http://news.okezone.com/read/2016/02/04/340/1304398/para-tentara-ngajar-di-paud-perbatasan-indonesia

Pembukaan kursus ketrampilan bagi komunitas pasar Kota Wonogiri

 

......pembukaan kursus ketrampilan bagi komunitas pasar Kota Wonogiri.......#Program Pondok Komunitas Pasar#

Posted by Skb Wonogiri on Sunday, December 13, 2015

Membuat email di google? yuk kita buat


Membuat E-mail di Google

Menurut Wikipedia Pengertian Email adalah sebuah metode untuk bertukar pesan digital dari penulis ke satu atau beberapa penerima. Email modern beroperasi di Internet atau jaringan komputer lain. Pesan email Internet terdiri dari tiga komponen: pesan amplop, header pesan, dan badan pesan. Maksud tiga komponen tersebut adalah Kepada/Penerima, Subjek/Judul Pesan, dan Isi Pesan.

Sejarah Email

Surat elektronik sudah mulai digunakan sejak tahun 1960-an dan paling sering disebut sebagai email atau e-mail sejak tahun 1993. Dimasa 1960-an internet belum terbentuk, yang ada hanyalah berupa kumpulan 'mainframe' yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, email sudah bisa digunakan oleh khalayak umum.

Fungsi Email,

diantaranya: Media komunikasi, pengiriman teks/file, promosi, informasi, lamaran kerja via email, yang semua itu sangat efektif, cepat dan murah email juga berfungsi untuk membuat akun sosial media, blog/website dan lain-lain.

Langkah Cara Daftar Email Gmail

PENJELASAN KOLOM DATA BUAT EMAIL GMAIL

Nama: Isikan nama depan dan nama belakang anda, misal pada kolom pertama: Amin dan pada kolom kedua: Ujang Jika nama anda terdiri dari 3 kata maka pada kolom pertama isi misal: Agus pada kolom kedua isi: Bambang Jika nama anda terdiri dari 1 kata maka pada kolom pertama isi nama anda dan pada kolom kedua isi nama bapak atau tanda minus ( - )

Pilih nama pengguna Anda:

Isikan alamat email yang anda inginkan, pilihlah yang UNIK bisa dikombinasikan dengan angka dan tanda titik misal: amin.ujang76 Secara otomatis alamat email anda akan diakhiri @gmail.com sehingga tidak perlu menulis @gmail.com di dalam kolom tersebut HURUF BESAR dan huruf kecil tidak berpengaruh alias sama saja nanti akan menjadi huruf kecil Alamat email tidak harus sama dengan nama anda, misal nama anda Joko, alamat email bisa anda isi dengan: pelajarkotasolo, atau terserah anda apapun itu yang penting belum ada yang menggunakan alamat tersebut.

Jika muncul peringatan "Nama pengguna tersebut sudah digunakan orang lain. Coba yang lain? Atau peringatan Seseorang telah menggunakan nama pengguna tersebut. Perhatikan bahwa kami mengabaikan titik dan huruf besar dalam nama pengguna. Coba lainnya? anda dapat memilih dari alamat email yang sudah Tersedia: Jika tidak ingin memilih dari yang sudah disediakan, anda harus membuat alamat yang lebih panjang, misal: agung.amienty Atau kombinasi dengan angka, misal: a6ung

Buat sandi: Masukan password (sandi/kata rahasia) yang anda inginkan minimal 8 karakter, lebih bagus jika sandi menggunakan gabungan angka dan huruf dan panjang, karena sandi pendek mudah ditebak.

Jangan gunakan tanggal lahir, nomor handphone, nama sekolah, nama hewan peliharaan dan hal-hal lain yang mudah ditebak dari anda Huruf besar dan kecil berpengaruh ( tidak diabaikan ) jadi pastikan tombol CAPSLOCK anda tidak sedang menyala 

Konfirmasi sandi Anda: Masukkan kembali password yang sudah anda masukkan tadi di kolom ini Tanggal lahir: Isikan tanggal, bulan dan tahun kelahiran anda

Gender: Silahkan klik dan pilih jenis kelamin anda

Ponsel: Masukkan nomor HP anda (boleh tidak di isi, lewati saja) Alamat email Anda saat ini:Masukkan alamat email lain jika ada (boleh tidak di isi, lewati saja)

Buktikan bahwa Anda bukan robot: Isi kolom Ketik teks: dengan kode yang anda lihat

Kotak "Lewati verifikasi ini (mungkin dibutuhkan verifikasi telepon)" tidak perlu di centang

Jika terdiri dari 2 kata pisahkan kedua kode tersebut dengan SPASI sebagaimana pada gambar berikut

Lokasi: Pilih negara tempat tinggal, misal: Indonesia

Centang Saya menyetujui Persyaratan Layanan Google dan Kebijakan Privasi Google

Jadinya seperti ini:

Kemudian klik tombol biru "Langkah berikutnya" dan terkadang anda akan di bawa ke halaman verifikasi akun dan terkadang tahapan ini tidak ada, jika ada, tampilannya seperti ini Masukkan no hp anda, pilih pesan text (SMS) lalu tekan Lanjutkan Hp anda akan mendapatkan SMS berisikan 6 angka yang anda masukkan kesini Tekan tombol Verifikasi, maka gmail anda sudah jadi

Klik tombol biru "Lanjutkan ke Gmail" Tunggu hingga loading email selesai, lalu akan muncul pemberitahuan dengan judul: Biarkan Gmail yang bekerja

Jika anda ingin membacanya silahkan klik tombol biru "Berikutnya" yang ada di pojok

kanan bawah dan jika tidak ingin membacanya silahkan klik tombol X yang ada di pojok kanan atas

 

SEKARANG EMAIL GMAIL ANDA SUDAH JADI

Talkshow terkait #Hariguru

Sejarah dan Makna Idul Adha

Setiap tanggal 10 Dzulhijjah dalam hitungan tahun Masehi setiap umat muslim di seluruh dunia merayakan Hari Raya Idul Adha. Banyak juga yang menyebutnya dengan Hari Raya Haji karena pada tanggal tersebut umat islam sedang melaksankan ibadah haji utama dengan wuquf di padang Arafah. Selain itu pada tanggal ini juga disebut sebagai Hari Raya Qurban karena pada saat itu umat islam menyembelih qurban dan kemudian dibagi-bagikan kepada yang berhak menerimanya. Namun, bagaimanakah sebenarnya sejarah Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban ini? Berikut ini adalah ulasannya.

Awal mula dari Qurban ini adalah ketika Nabi Ibrahim as mengalami mimpi yang terjadi secara berturut-turut. Dalam mimpi tersebut, Nabi Ibrahim mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk menyembelih putera kesayangannya, Ismail. Ismail merupakan putera semata wayang dari Nabi Ibrahim yang sangat disayangi serta ditunggu selama bertahun-tahun untuk mendapatkannya. Hati Ibrahim sangat gundah gulana memikirkan mimpi yang telah dialaminya tersebut. Ismail adalah sosok anak yang penurut, patuh kepada orangtua dan perintah Allah. Selain itu, Ismail juga merupakan anak yang ceria dan memiliki pemikiran yang cerdas.

Saat itu, Ismail sudah diangkat menjadi seorang nabi dan berumur sekitar 13 tahun. Nabi Ibrahim tidak dapat berbuat apa-apa karena itu merupakan perintah dari Allah SWT. Lalu, datanglah ia menemui Ismail untuk menyampaikan perintah Allah bahwa Ia harus menyembelih anaknya tersebut. Akan tetapi di luar dugaan, ternyata Ismail justru mengamini perintah dalam mimpi ayahnya tersebut. Dirinya tidak merasa takut atau marah kepada ayah kandungnya. Hal tersebut dikarenakan mimpi itu merupakan wahyu dari Allah SWT.


Mendengar jawaban dari anaknya tersebut membuat Ibrahim terkejut. Ia tidak menyangka anak kesayangannya itu begitu ikhlas untuk menerima perintah dari Allah SWT. Akan tetapi, perintah tersebut bukanlah hal yang mudah bagi Ibrahim. Itu dikarenakan setan terus menggoda dirinya agar membatalkan perintah itu. Namun, usaha yang dilakukan oleh setan itu gagal, ia tidak berhasil menggoda Ibrahim. Begitu pula yang terjadi ketika setan menggoda Ismail, mereka juga mengalami kegagalan. Tidak ingin menyerah, setan kemudian menggoda isteri Nabi Ibrahim akan tetapi usaha tersebut pun tetap tidak berhasil.


Pada hari H, yakni tanggal 10 Dzulhijjah, Nabi Ibrahim dan puteranya pergi ke tanah lapang untuk menjalankan perintah Allah tersebut. Agar Ismail tidak merasakan sakit ketika disembelih, Ibrahim mempersiapkan pedang yang diasah dengan sangat tajam. Dalam perjalanan menuju tempat penyembelihan, setan terus menggoda Ibrahim dan Ismail untuk membatalkan perintah Allah tersebut. Setan menggoda nabi Ismail dengan mengatakan bahwa nabi Ibrahim hanya membawa ia untuk dibunuh. Namun, mengingat nabi Ismail sudah diangkat menjadi nabi, ia tidak gentar dan berkata bahwa dirinya siap untuk melakukan perintah Allah SWT.


Iblis tidak kehabisan akal untuk menggoda keduanya. Namun, tiba-tiba nabi Ibrahim dan Ismail mengambil beberapa kerikil di tanah dan melemparkannya ke arah iblis dengan mengucapkan “Bismillahi Allahu Akbar”. Prosesi inilah yang kemudian dikenal sebagai prosesi lempar jumrah.

Di luar dugaan, ternyata Nabi Ismail sudah benar-benar siap untuk disembelih oleh ayahnya. Ia merasa siap karena itu merupakan perintah dari Allah SWT. Bahkan Ismail meminta ayahnya untuk menutup wajahnya agar nabi Ibrahim tidak merasa iba ataupun ragu untuk melaksanakan perintah dari Allah SWT. Kemudian, Ismail juga meminta nabi Ibrahim untuk menajamkan pedangnya serta memberikan beberapa wasiat jika ia telah meninggal nantinya. Karena mendengarkan perkataan serta permintaan nabi Ismail tersebut, nabi Ibrahim mengatakan bahwa nabi Ismail adalah kawan terbaik dalam melaksanakan perintah dari Allah SWT.


Namun, ketika nabi Ibrahim mulai menggoreskan pedangnya, pedang tersebut selalu terpental. Ismail kemudian berkata bahwa dirinya ingin tali pengikat yang ada di tangan dan kakinya dilepas. Hal itu dilakukan agar malaikat dapat menyaksikan bahwa ia taat kepada Allah SWT. Peristiwa yang terjadi selanjutny adalah peristiwa tradisional yang menjadi sejarah hari raya Idul Adha (hari Raya Qurban) yaitu ketika nabi Ismail ditukar dengan seekor domba oleh Allah SWT.


Ada satu riwayat yang menyebutkan bahwa Malaikat Jibril-lah yang membawa domba serta menukarnya dengan Nabi Ismail. Pada saat itu, ditulisan bahwa semesta beserta isinya mengucapkan takbir demi mengagungkan kebesaran Allah SWT atas kesabaran yang dimiliki oleh Ismail dan Ibrahim dalam menjalankan perintah Allah yang berat tersebut. Perintah tersebut sangatlah berat, karena di satu sisi nabi Ibrahim ingin menyembelih nabi Ismail putera semata wayangnya demi menuruti perintah Allah, sementara Allah memerintahkan agar pedang tersebut tidak menyembelihnya.


Allah SWT memiliki kuasa yang sangat besar. Ismail yang sudah siap untuk disembelih atas kuasa dari Allah SWT digantilah Ismail dengan domba besar, sehat lagi bersih. Mulai saat itulah, setiap tahunnya umat muslim di seluruh dunia diperintahkan untuk menyembelih Qurban oleh Allah SWT. Qurban tersebut dapat berupa domba, sapi, kerbau, ataupun unta. Serta waktu penyembelihannya dilakukan pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah.

Karena keikhlasan serta pengorbanan yang dilakukan oleh nabi Ibrahim as yang rela melakukan perintah Allah untuk menyembelih Ismail maka Nabi Ibrahim berhasil meraih predikat Khaliullah (Kekasih Allah). Semua pengorban yang dilakukan nabi Ibrahim tersebut hanya demi mencapai kecintannya kepada Allah SWT.

Itulah kronologi awal mula Hari Raya Qurban. Peristiwa ini yang melatarbelakangi mengapa kita harus menyembelih hewan qurban ketika peringatan hari Raya Idul Adha.